Pages

Selasa, 20 Mei 2014

GORILLA GLASS, Apa itu ??



GORILLA GLASS

Apakah gorilla glass itu?
Gorilla glass adalah sebuah brand dari sebuah pabrikan pembuat pelindung kaca bernama Corning, dibandingkan dengan beberapa produk  pelindung layar yang lain Gorilla glass mempunyai beberapa kelebihan diantaranya adalah:
Gorilla glass mempunyai tingkat kekerasan yang bisa dikatakan hampir sebanding dengan safir, dengan skala 9 pada skala kekerasan Mohs, pada model screen guard yang reguler biasanyaa hanya mempunyai tingkat kekerasan yang hanya mendekati angka 7, namun Gorilla glass dapat menembus sampai dengan angka 9. Semakin tinggi tingkat kekerasan pada sebuah lapisan layar pelindung maka akan semakin baik dalam melindungi layar khususnya untuk
melindungi layar terhadap goresan

Bagaimana gorilla glass itu dibuat?

Gorilla Glass dibuat dari lembaran tipis alkali aluminosilikat. Gorilla Glass diperkuat menggunakan proses pertukaran ion yang memaksa ion besar ke dalam ruang antara molekul pada permukaan kaca. Secara khusus, kaca ditempatkan pada suhu 400 ° C pada sebuah cairan kalium, yang memaksa ion potassium untuk menggantikan ion sodium yang ada pada kaca. Ion-ion potassium ini kemudian akan mengambil lebih banyak ruang diantara atom lain di kaca. Saat kaca mulai mendingin, atom-atom ini kemudian saling berdekatan dan saling berhimpitan yang kemudian akan  menghasilkan tingkat kekerasan yang tinggi pada kaca yang membantu melindungi permukaan dari kerusakan mekanis.
 

Penemuan “Gorilla Glass”

Sebenarnya teknologi gorilla glass itu bukan merupakan suatu hal yang baru, awal mula teknologi ini sebenarnya dikembangkan untuk keperluan balap mobil yang kala itu membutuhkan sebuah lapisan kaca yang tipis, ringan, dan tahan terhadap gesekan, maka teknologi gorilla glas inipun di terapkan hingga pada saat itu Steve Jobs yang sedang mencari sebuah bahan pelapis layar iPhone nya mengontak CEO Corning untuk membuatkan sebuah kaca pelindung untuk layar sentuhnya yang hingga saat ini pun dipakai luas pada beberapa device.

Keunggulan lain dari Gorilla Glass, yaitu bahannya mudah dibersihkan. Misalnya terhadap sidik jari, minyak atau debu, dan tanpa meninggalkan goresan. Gorilla Glass juga mengklaim ramah lingkungan, karena tidak terbuat dari bahan besi berat yang bisa membahayakan lingkungan. Gorilla Glass juga mampu menyuguhkan tampilan layar yang jenis dan tajam, sehingga ideal bagi gambar HD (High Definition) dan 3D (3 dimension). Dengan beberapa kemampuan yang dimiliki Gorilla Glass, bisa jadi penggunaan perangkat elektronik berlayar Gorilla Glass dapat lebih bebas. Tanpa terlalu khawatir sesuatu terjadi pada bagian layar. Bagi produsen juga lebih mudah dalam merancang desain perangkat elektroniknya. Namun bukan berarti Gorilla Glass tidak bisa pecah. Jika diperlakukan kasar dengan benda kuat maka bisa pecah. Jadi Gorilla Glass lebih cenderung memberi rasa aman pada penggunaan sehari-hari. Corning Gorilla Glass sudah digunakan oleh lebih dari 20 merek ternama, ratusan jenis perangkat elektronik dengan lebih dari 200 juta tipe.



0 komentar:

Posting Komentar